Jumat, 23 Juli 2010

Olimpiade 2010



OLIMPIADE BIDANG STUDY MIPA, PAI, BAHASA INGGRIS
SD/MI SE — KABUPATEN LUMAJANG
DALAM RANGKA MENYONGSONG PROGRAM MADRASAH TERPADU (MADU)

I. LATAR BELAKANG
Dalam konstelasi kependidikan Madrasah Tsanawiyah Negeri Lumajang mempunyai sejarah yang cukup panjang. MTsN Lumajang telah berkiprah selama 30 tahun, selama itu pula lembaga ini mengalami pasang surut seirama dengan dinamika masyarakat didunia pendidikan.

Keberadaan MTsN Lumajang sudah dikenal oleh masyarakat Lumajang sebagai basis kegiatan kependidikan yang berciri khas Islam, sekurang-kurangnya mempunyai andil untuk ikut mewarnai dinamika masyarakat Kabupaten Lumajang secara umum.

Untuk menyongsong program Madrasah Terpadu ( MADU ) difokuskan pada kegiatan promosi yang mengarah pada prestasi pelajar melalui lomba olimat SD/MI SeKabupaten Lumajang.

II. TUJUAN
Kegiatan ini bertujuan:
1. Memberikan wadah bagi siswa SD/MI untuk mengukur prestasi akademik.
2. Memberikan motivasi kepada siswa SD/MI untuk meningkatkan prestasi akademik.
3. Mempromosikan Madrasah Terpadu (MADU) kepada masyarakat pada umumnya dan masyatrakat pendidikan pada khususnya.

III. JENIS KEGIATAN
Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk: Olimpiade bidang study
• MIPA
• PAI
• BAHASA INGGRIS

IV. PESERTA
Peserta dalam kegiatan ini meliputi siswa SD/MI Se-Kabupaten Lumajang dengan perkiraan jumlah peserta: Olimpiade bidang study : 500 peserta

V. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
a. Waktu
Olimpiade bidang studi : Sabtu, Pebruari 2010
b. Tempat
Madrasah Tsanawiyah Negeri Lumajang
JI. Citandui 75 Lumajang Telp (0334 ) 881463

VI. ANGGARAN
Terlampir

VII. SUSUNAN PANITIA
Terlampir

VIII. PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan olimpiade bidang study. Dengan harapan mudah-mudahan kegiatan ini mempunyai nilai guna bagi peserta pada khususnya dan pendidikan pada umumnya.


Lumajang, 02 Januari 2010
Kepala MTsN Lumajang



Jamaludin, S.Pd
NIP.196205201992031003



PROPOSAL
JELAJAH MEDAN DAN OLIMPIADE BIDANG STUDY MIPA, PAI DAN
BAHASA INGGRIS SD/MI SE - KABUPATEN LUMAJANG

I. LATAR BELAKANG
Dalam konstelasi kependidikan Madrasah Tsanawiyah Negeri Lumajang mempunyai sejarah yang cukup panjang. MTsN Lumajang telah berkiprah selama 29 tahun, selama itu pula lembaga ini mengalami pasang surut seirama dengan dinamika masyarakat di dunia pendidikan. Keberadaan MTsN Lumajang sudah clikenal oleh masyarakat Lumajang sebagai basis kegiatan kependidikan yang berciri khas Islam, sekurang-kurangnya mempunyai andil untuk ikut mewarnai dinamika masyarakat Kabupaten Lumajang secara umum.

Kurang lebih dua tahun MTsN Lumajang sudah menjadi Madrasah Terpadu Model Pondok Pesantren (MADU MPP), yang mana program ini dikembangkan pola pembelajaran yang memadukan budaya madrasah dengan pondok pesantren.

Keterpaduan ini dimaksudkan adanya integrasi nila-nilai agama pada setiap proses pembelajaran yang disampaikan oleh guru kepada murid sehingga diharapkan nilai-nilai agama menjadi ruh pada sendi kehidupan di lembaga ini.

Untuk menyempurnakan Program Madrasah Terpadu ( MADU ) maka MTsN Lumajang mengadakan kegiatan yang mengarah pada prestasi pelajar dan Skill melalui pekan Olimpiade bidang studi dan j elaj ah medan SD/MI Se-Kabupaten Lumajang.

II. TUJUAN
Kegiatan ini bertujuan:
1. Memberikan wadah bagi siswa SD/MI untuk mengukur prestasi akademik dan Skill
2. Memberikan motivasi kepada siswa SD/MI untuk meningkatkan prestasi akademik, dan menumbuh kembangkan ketrampilan
3. Menyempurnakan Program Madrasah Terpadu (MADU).

III. JENIS KEGIATAN
Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk:
• Jelajah Medan
• Olimpiade bidang studi yang meliputi :
1. MIPA
2. PAI SD
3. PAI MI
4. BAHASA INGGRIS
    IV. PESERTA
    Peserta dalam kegiatan ini meliputi siswa SD/MI Se-Kabupaten Lumajang dengan perkiraan jumlah peserta:
    - Jelajah Medan 500 peserta,
    - Olimpiade, bidang studi 500 peserta

    V. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
    a. Waktu
    1) Jelajah Medan
    Hari Sabtu, 13 Pebruari 2010
    2). Olimpiade bidang Studi
    Hari Sabtu, 20 Pebruari 2010
    b. Tempat
    Madrasah Tsanawiyah Negeri Lumajang
    JI. Citandui 75 Lumajang Telp (0334 ) 881463

    VI. ANGGARAN - Terlampir

    VII. SUSUNAN PANITIA. - Terlampir

    VIII. PENUTUP
    Demikian proposal ini kami buat sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan olimpiade, bidang study. Dengan harapan mudah-mudahan kegiatan ini mempunyai nilai guna bagi peserta, pada khususnya dan pendidikan pada umumnya.


    Lumajang, 02 Januari 2010
    Kepala MTsN Lumajang



    Jamaludin, S.Pd
    NIP.196205201992031003



    KETENTUAN TEKINIS LOMBA BAHASA INGGRIS
    PELAKSANAAN LOMBA DIBAGI DALAM 2 BABAK


    A. BABAK PENYISIHAN (STORY TELLING)
    1. Pada hari pelaksanaan seluruh peserta diundi untuk mendapatkan nomor urut penampilan.
    2. Lima peserta yang akan tampil pertama menunggu diruang karantina untuk mempelajari teks yang akan dibacakan.
    3. Peserta diberi kesempatan mempelajari teks selama 5 menit atau selama menunggu giliran tampil.
    4. Teks disediakan oleh panitia dan peserta diundi untuk memilih teks untuk dipelajari di ruang karantina.
    5. Bentuk dan jenis teks adalah Narative
    6. Penampilan peserta diberi waktu 3 menit.
    7. Peserta yang dipanggil 3 kali berturut-turut dan tidak hadir, dinyatakan mengundurkan diri.
    8. Dari hasil babak penyisihan/story telling akan diambil 15 peserta terbaik untuk mengikuti babak final.

    B. BABAK FINAL (VOCABULARY AND LISTENING)
    1. Diikuti 15 peserta terbaik dari babak penyisihan
    2. Babak final meliputi Listening dan vocabulary, dengan ketentuan soal; 20 soal listening dan dan 30 soal vocabulary. Soal berbentuk multiple choice.
    3. Babak kedua dilaksanakan di LAB.BAHASA MTSN Lumajang.
    4. Setiap peserta menyiapkan alai tulis menulis (pencil/bolpoint dan lain2)
    5. Nilai babak 2 akan diakumulasikan dengan nilai babak penyisihan untuk menentukan juara I, II dan III.
    6. Bila ada nilai yang sama akan dilakukan interview/wawancara.

    C. TATA CARA PENILAIAN
    1. Materi penilaian strory telling.
    a. Pronunciation and intonation adalah cara pengucapan / pelafalan kata.
    b. Fluency adalah kelancaran dalam menyampaikan ceritalbercerita
    c. Performance adalah penampilan dalam bercerita
    d. Peserta boleh membaca / menghafal teks
    2. Materi penilaian uji listening dan vocabulary.
    Penilaian uji listening dan vocabulary jumlah benar X 2


    KETENTUAN KHUSUS LOMBA BHS. INGGRIS

    1. Pelaksanaan lomba dibagi dalam 2 babak
    * Babak penyisihan (story telling).
    * Babak final (vocabulary & listening),
    2. Pada babak penyisihan diikuti seluruh peserta, peserta membaca teks cerita yang sudah disediakan panitia dan dari babak penyisihan akan diambil 15 peserta terbaik untuk mengikuti babak final..
    3. Pada babak final diikuti 15 peserta, peserta disediakan soal listening dan vocabulary, untuk soal listening peserta menger akan soal dengan mendengarkan KASET/CD yang berjumlah 20 butir dan soal vocabulary bedumlah 30 butir.
    4. Nilai babak 2 akan diakumulasikan dengan nilai babak penyisihan untuk menentukan juara I, II dan III.
    5. Bila ada nilai yang sama akan dilakukan interview/wawancara.


    KETENTUAN KHUSUS LOMBA BHS. INGGRIS

    1. Pelaksanaan lomba dibagi dalam 2 babak
    * Babak penyisihan (story telling).
    * Babak final (vocabulary & listening),
    5. Pada babak penyisihan diikuti seluruh peserta, peserta membaca teks cerita yang sudah disediakan panitia dan dari babak penyisihan akan diambil 15 peserta terbaik untuk mengikuti babak final..
    6. Pada babak final diikuti 15 peserta, peserta disediakan soal listening dan vocabulary, untuk soal listening peserta mengerjakan soal dengan mendengarkan KASET/CD yang berjumlah 20 butir dan soal vocabulary berjumlah 30 butir.
    4. Nilai babak 2 akan diakumulasikan dengan nilai babak penyisihan untuk menentukan juara I, II dan III.
    5. Bila ada nilai yang sama akan dilakukan interview/wawancara.

    Penilaian :
    Aspek yang dinilai meliputi 4 unsur, yaitu:
    1. Fluency : Kelancaran membaca
    2. Intonation: Intonasi
    3. Pronunciation: Pengucapan / pelafalan (akurasi pengucapan kata per kata)
    4. Performance: Penampilan

    Kejuaraan :
    Kejuaraan yang diambil terdiri dari juara I, II dan III.

    0 komentar:

    Posting Komentar